Tiga Macam Cara Berhaji

UMROH AFI PRIMA, Amanah Fadzila. Menurut syar’i dalam fiqih islam, ibadah haji dapat dilakukan dengan Tiga Macam Cara Berhaji, yaitu Haji ifrad, Haji tamattu’, dan Haji qiran. Masing-masingnya mempunyai tatacara yang berbeda.

informasi umroh dan haji afi prima - baitullah - tiga macam cara berhaji

informasi umroh dan haji afi prima – baitullah – tiga macam cara berhaji

  1. Haji ifrad
    Haji ifrad merupakan salah satu cara menjalankan ibadah haji yang menurut jumhur ulama termasuk menurut Syafi’i dan Maliki adalah manasik haji paling afdhal karena dengan manasik ini tidak perlu membayar denda/ dam. Cara pelaksanaan jamaah yang berniat haji ifrâd, dalam melaksanakan Ibadah haji dan umrah masing-masing dikerjakan tersendiri. Ibadah haji dilakukan terlebih dulu, setelah selesai baru kemudian melaksanakan umrah, semuanya dilakukan dalam satu perjalanan haji.

    Haji ifrad dilakukan dengan berniat saat ihramnya/ mengucapkan (لبيكَ بحجٍ) hanya untuk haji saja ketika berada di miqat, kemudian menuju Masjidil Harom Mekah untuk melakukan hanya thawaf qudum saja, dan harus terus dalam keadaan berihram selama beberapa hari sejak dari miqat pertama sbelum memasuki kota Mekkah sampai selesai melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dan umroh tanggal 12 Dzulhijah.

    Kemudian pada waktu haji tanggal 9 dzulhijah sampai 12 dzulhijah, wajib melaksanakan seluruh rangkaian manasik haji, mulai dari wukuf di Arafah, mabit di Muzdallifah, melontar jumrah Aqabah, thawaf ifadhah, sa’i antara Shafa Marwa, bermalam di Mina untuk melontar jumrah pada hari tasyriq, sampai tahallul tsani.

    setelah usai menunaikan seluruh rangkaian manasik haji tersebut, lalu keluar dari kota suci Mekah dan menuju tempat miqat untuk memulai berihram yang kedua dengan niat melaksanakan umrah

  2. Haji tamattu’
    Cara mengerjakan ibadah haji tamattu’ yang umumnya paling banyak dilaksanakan oleh jamaah haji dari Indonesia, adalah haji dengan terlebih dahulu melaksanakan umroh. Jamaah haji berihram untuk melaksanakan umrah dari miqat. Dengan mengucapkan (لبيك بعُمرة) kemudian memasuki kota Mekkah, menyempurnakan manasik umrah thawaf dan sa’i lalu memotong atau mencukur rambut tahallul dari ihram. Setelah bertahallul, jamaah haji sudah boleh melepaskan ihramnya.

    Kemudian pada hari Tarwiyah (mulai tanggal 8 Dzul Hijjah) berihram kembali dari Makkah untuk menunaikan seluruh rangkaian manasik hajinya hingga sempurna. Bagi yang berhaji Tamattu’, wajib baginya menyembelih hewan kurban (seekor kambing/sepertujuh dari sapi/sepertujuh dari unta) pada tanggal 10 Dzul Hijjah atau di hari-hari tasyriq (tanggal 11,12,13 Dzul Hijjah). Bila tidak mampu menyembelih, maka wajib berpuasa 10 hari.

    Syarat haji tamattu menurut jumhurul fuqaha’ adalah menyatukan pelaksanaan ibadah umrah dan haji dalam satu perjalanan di satu musim (bulan) haji di tahun yang sama

  3. Haji qirân
    Haji qiran adalah melaksanakan seluruh rangkaian manasik ibadah haji dan umrah secara bersama-sama, berihram untuk menunaikan umrah dan haji sekaligus, dan menetapkan diri dalam keadaan berihram (tidak bertahallul) hingga bertahalul pada hari nahr (tanggal 10 Dzul Hijjah). Dengan demikian segala amalan umrah sudah tercakup dalam amalan haji.

    Cara pelaksanaannya adalah dengan berniat ketika berihram dengan mengucapkan niat sekaligus untuk haji dan umrah kemudian memasuki Mekah thawaf qudum, dan terus dalam keadaan ihram sehingga datang waktu melaksanakan seluruh rangkaian manasik ibadah haji dengan sempurna, wuquf di Arafah, melontar jumrah, thawaf ifadhah, sa’i antara Shafa dan Marwa serta manasik lainnya. Dalam melaksanakan cara haji qiran, jamaah haji tidak berkewajiban thawaf dan sa’i lain untuk umrah, cukup dengan thawaf dan sa’i haji.

    haji Qiran ini, wajib menyembelih hewan kurban (seekor kambing, sepertujuh dari sapi, atau sepertujuh dari unta) pada tanggal 10 Dzul Hijjah atau di hari-hari tasyriq (tanggal 11, 12, 13 Dzul Hijjah). Bila tidak mampu menyembelih, maka wajib berpuasa 10 hari;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.