Peternakan Susu Onta di Hudaibiyah

UMROH AFI PRIMA, Amanah Fadzila. Jamaah umroh dan haji, jika ada waktu luang bisa diisi untuk mengunjungi Peternakan Susu Onta di Hudaibiyah. Peternakan ini terletak di Hudaibiyah, pinggiran kota Mekah. Di tempat ini jamaah umroh dan haji bisa melihat dan berfoto bersama onta atau mencicipi susu onta.

umroh afi prima - peternakan susu onta di Hadaibiyah - informasi umrohdanhaji

umroh afi prima – peternakan susu onta di Hadaibiyah – informasi umrohdanhaji

Hudaibiyah yang letaknya berada sedikit di luar Kota Mekah sekitar 25 Km , menuju Jedah, memang menjadi salah satu daya tarik sendiri bagi jamaah umroh dan haji dari berbagai negara untuk melihat onta dari dekat sekaligus minum susunya.

Sebelum menuju ke Peternakan Susu Onta di Hudaibiyah dan mencicipi susu onta alangkah lebih baiknya mengunjungi sebuah masjid, yang merupakan tempat saksi terjadinya perjanjian Hudaibiyah, antara kaum muslim dengan kaum quraisy mekkah.

Pada tahun 628 M (Dzulqaidah, 6 H), sekitar 1400 Muslim dari Madinah berangkat ke Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji. Saat itu, kaum Quraisy dan berusaha menghalangi. Rasulullah Muhammad SAW memutuskan membuat perjanjian dengan kaum Quraisy, agar tidak terjadi pertumpahan darah di Mekkah, karena Mekkah adalah tempat suci.

Garis besar Perjanjian Hudaibiyah berisi : “Dengan nama Allah. Ini perjanjian antara Muhammad (SAW) dan Suhail bin ‘Amru, perwakilan Quraisy. Tidak ada peperangan dalam jangka waktu sepuluh tahun. Siapapun yang ingin mengikuti Muhammad (SAW), diperbolehkan secara bebas. Dan siapapun yang ingin mengikuti Quraisy, diperbolehkan secara bebas. Seorang pemuda, yang masih berayah atau berpenjaga, jika mengikuti Muhammad (SAW) tanpa izin, maka akan dikembalikan lagi ke ayahnya dan penjaganya. Bila seorang mengikuti Quraisy, maka ia tidak akan dikembalikan. Tahun ini Muhammad (SAW) akan kembali ke Madinah. Tapi tahun depan, mereka dapat masuk ke Mekkah, untuk melakukan tawaf disana selama tiga hari. Selama tiga hari itu, penduduk Quraisy akan mundur ke bukit-bukit. Mereka haruslah tidak bersenjata saat memasuki Mekkah”

Sekarang ini ladang-ladang Peternakan Susu Onta di Hudaibiyah di manfaatkan oleh orang-orang arab gunung (baca Baduwi) sebagai daya tarik untuk berkunjung ke peternakan mereka. Mereka memperkerjakan orang-orang sudan (baca Sudani) sebagai pengembala dan pemerah susu onta.

Jamaah umroh dan haji yang paling banyak berkunjung ke peternakan onta adalah jamaah dari indonesia dan jamaah dari malaysia. Para jamaah sering ditawarkan memerah susu onta sendiri di Peternakan Susu Onta di Hudaibiyah. Setelah susu onta di perah bisa langsung diminum, tidak perlu dimasak.Sebaiknya susu onta diminum waktu masih baru diperah, Air susu onta yang baru diperah warnanya putih berbuih dan hangat.

Peternakan Susu Onta di Hudaibiyah merupakan hamparan luas padang pasir sangat tandus dan dibiarkan terbuka alami dengan dikelilingi bukit batu cadas tanpa ada tempat tertutup untuk mengurangi sengatan matahari.Kalaupun ada tempat tertutup hanyalah tempat istirahat bagi penjaga onta.

Susu onta adalah sumber protein yang berlimpah dengan kegiatan perlindungan dan potensi anti-mikroba. Sebagian protein itu, tidak dapat ditemukan pada susu ternak lain. Sebab susu onta mengandung sedikit lemak dan kolesterol, dan kaya dengan zat besi, potassium, dan mineral.

Hal tersebut tertuang dalam satu dokumen yang disajikan pada Konferensi Ke-5 Keselamatan Makanan Internasional di Dubai, yang terselenggara pada 22 – 25 Februari 2010 di “Dubai International Convention and Exhibition Center”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.