Peta Tenda Mina dan Jamarot

Peta Tenda Mina dan Jamarot

UMROH AFI PRIMA, Amanah Fadzila. Distrik Mina merupakan wilayah sebelah timur masjidil harom, luasnya sekitar 600 hektar dengan bangunan tenda tenda yang ukuran dan modelnya relatip sama dengan warna putih sama semua. Pada hari hari biasa, wilayah ini sepi karena tidak ada penghuni, pemerintah Arab Saudi melarang Mina digunakan sebagai tempat menghuni. Namun pada hari tasrik tanggal 10 sampai 12 Dzulhijah, Mina digunakan untuk mabit oleh sekitar empat juta jamaah haji

Pemerintah Arab Saudi memperluas wilayah Mina itu karena jumlah jamaah haji terus bertambah. Wilayah Mina yang berada di celah perbukitan sulit untuk dilakukan perluasan ke kanan dan kiri karena diapit pegunungan, sehingga perluasan perkemahan Mina dilakukan ke arah Muzdalifah. Jarak Muzdalifah ke Mina hanya lima kilometer, sehingga tenda-tenda yang dirikan untuk perluasan menurut beberapa pendapat melewati batas wilayah mina menyeberang ke wilayah Muzdalifah. Wilayah perluasan Mina ke Muzadalifah itulah yang oleh orang Indonesia disebut Mina Jadid atau Mina Baru.

Pada waktu berangkat dari tenda Mina menuju jamarot, umumnya berombongan bersama pembimbing sambil mengumandangkan takbir, sehingga kemungkinan tersesat sangat kecil. Namun di tempat melempar jumroh, padatnya jamaah sering menyebabkan terpisah dari rombongan, dan menyebabkan jamaah kebingungan menentukan arah untuk kembali ke tenda tempat mabitnya. Apalagi kalau melontar jumroh malam hari, jamaah sering lupa jalan jalan yang telah dilalui saat berangkat.

Bentuk, model, ukuran dan warna tenda di Mina yang relatip sama, sering membuat jamaah haji kehilangan orientasi arah, bingung menentukan arah. Agar jamaah haji tidak tersesat, dapat memanfaatkan Peta Tenda Mina dan Jamarot dari google map diatas. dari google map di atas. Peta tersebut dapat dizoom, diperbesar dan diperkecil, dapat digeser ke kiri, ke kanan maupun ke atas dan ke bawah.

umroh afi prima - jalan 613 tenda mina -umroh dan haji info
umroh afi prima – jalan 613 tenda mina -umroh dan haji info

Distrik Mina terbagi menjadi beberapa blok, dengan ruas ruas jalan yang masing masing diberi nomer tenda dan nomer jalan. Biasanya jamaah Indonesia dan Asia tenggara berada di dekat masjid Kwaities. Beberapa tahun terakhir jamaah Indonesia ditempatkan ditenda tenda sebelah utara masjid Kwaiies, diantara jalan nomer 613 dengan jalan nomer 621. Ketika pertama sampai di tenda Mina, ada baiknya jika jamaah menghafal nomer tenda maktab dan nomer jalannya.

Pada tahun 2011 jamaah haji reguler dari Indonesia menempati 70 maktab di Mina, yang sebagian lokasinya jauh dari Jamarat. Perkemahan jemaah haji Indonesia di Mina, sebagian besar berlokasi di Haratul Lisan dan ada juga yang berlokasi di Mina Jadid. Pada malam hari jamaah yang berada di Mina Jadid memasuki Mina, duduk-duduk lesehan, sembari menunggu pergantian hari untuk melempar jumroh. Beberapa jamaah yang maktab hotel pemondokannya di Aziziyah dekat Mina, lebih memilih tinggal di pemondokan, malam hari baru memasuki Mina, atau mendekati posko haji Indonesia di Mina.

Namun ada pula yang berpendapat bahwa Mina Jadid termasuk dalam wilayah Mina, karena mereka beranggapan bahwa tidak ada nash yang tegas dalam menentukan batas-batas Mina. Para Fuqaha pun, terutama Fuqaha salaf, tidak menentukan batas-batas Mina secara jelas. Kebanyakan mereka hanya menyebut batas Mina ke arah Mekkah, yaitu pada ujung Aqobah ke arah Mekkah, hanya disebutkan bahwa Mina adalah lembah yang ada di lembah Muhassir sampai Jumrah Aqubah.

Wallahu A’lam Bishawab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.