Peta Kota Mekkah dan Sekitarnya

UMROH AFI PRIMA, Amanah Fadzila. Mekah merupakan kota paling padat pengunjungnya sepanjang tahun, jamaah umroh dan haji seperti tak henti terus berdatangan dari seluruh penjuru dunia. Apalagi pada saat bulan romadhon dan bulan haji, sekitar 3 sampai 4 juta jamaah umroh dan haji memadati kota mekkah. Pada saat menjelang sholat fardu, hampir semua jamaah berbondong bondong menuju masjidil Harom, berdesakan di dalam masjid tidak dapat dihindarkan. Keadaan ini akan semakin terasa saat jamaah haji melaksanakan tawaf ifadoh, saat seluruh jamaah haji kembali ke Mekkah setelah melempar jumroh dan mabit di Mina.

Dapat dikatakan jamaah umroh dan haji tidak ada yang kesulitan menentukan arah ketika berjalan hendak menuju masjidil Harom, tinggal mengikuti arus jamaah lain yang juga berjalan kaki menuju kesana. Namun pada saat akan pulang ke hotel maktab tempat menginap banyak jamaah yang kebingungan menentukan arah. Padatnya jamaah di dalam masjidil harom yang memiliki banyak pintu, situasi berdesakan sering membuat jamaah tidak sempat memperhatikan tempat sekelilingnya, dan kadang terbawa arus ke arah yag salah dan kehilangan orientasi arah.

Setelah keluar dari masjidil harom, sering jamaah berada di sisi yang lain, berbeda dengan sisi ketika masuk ke dalam masjidil Harom. Situasi jamaah yang berdesakan juga terjadi di halaman masjid, akibatnya jamaah semakin bingung dan kehilangan orientasi arah, apalagi kalau sampai terbawa arus ke ruas jalan yang salah dan menyebabkan jamaah tersesat. Kondisi ini tidak jarang membuat jamaah stress, saling menyalahkan dan emosi mulai tidak terkendali dan lupa bahwa saat berhaji harus sabar, tidak boleh marah, tidak boleh berbantah bantahan.

umroh afi prima -masjidil harom - umroh dan haji info

umroh afi prima -masjid al harom – umroh dan haji info

Agar jamaah umroh dan haji tidak tersesat, jamaah dapat membaca beberapa tips ketika berada di Mekkah dan beberapa tips umroh dan haji lainnya. Jamaah umroh dan haji juga bisa memanfaatkan Peta Kota Mekkah dan Sekitarnya dari google map di atas. Peta tersebut dapat dizoom, diperbesar dan diperkecil, dapat digeser ke kiri, ke kanan maupun ke atas dan ke bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.