Museum Al-Haramain di Mekkah

UMROH AFI PRIMA, Amanah Fadzila. Museum Al-Haramain di Mekkah, disebut juga dengan Museum Dua Tanah Suci, terletak di perbukitan Ummul Joud, Mekkah. Jaraknya sekitar 10 kilometer dari Masjidil Haram, daerah di Mekkah yang tidak terlalu ramai dan berdekatan dengan pabrik kiswah (kain pembungkus kabah).

Museum Al-Haramain di Mekkah dibangun oleh Raja Fahd bin Abdul Aziz pada awal tahun sembilan puluhan, menyimpan banyak koleksi bersejarah perkembangan masjid Nabawi Madinah al-Munawaroh dan masjid Al-Haramain Mekkah al-Mukarromah, dan sejarah Islam, juga dikenal dengan sebutan The Exibithion of Two Holy Mosques Architecture, seperti yang tertulis di bagian depan pintu masuk museum.

umroh afi prima - museum al-haramain di mekkah - umroh dan haji info

umroh afi prima – museum al-haramain di mekkah – umroh dan haji info

Museum Al-Haramain di Mekkah terdiri dari tujuh ruangan. Begitu masuk museum kita menuju ke Ruang Depan, ruangan ini berisikan gambar dan model dua masjid dari masa ke masa. Termasuk maket bangunan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, yang saat ini pembangunan dan perluasan kedua masjid tersebut sedang dilaksanakan secara besar-besaran.

Melangkah ke dalam, ada tangga yang terbuat dari kayu warna coklat dan beroda. Tangga itu merupakan tangga Ka’bah/ baitullah yang dibuat dari Kayu Saaj pada 1240 Hijriah. Di sisi kanannya, ada deretan bebatuan yang berpahat tulisan ayat Al-Quran. Di lokasi yang sama ada display Maqom Ibrahim.

Jika terus menyusuri Museum Al-Haramain di Mekkah, ada kiswah Ka’bah serta alat pemintal kiswah, pintu Ka’bah, kayu penyangga Ka’bah dan lain sebagainya yang usianya ribuan tahun. Selain itu juga ada deretan display Hajar Aswad. Display ini menarik hati para jamaah umroh dan haji untuk berpose ria seolah menyentuh Hajar Aswad.

Ruang lainnya di Museum Al-Haramain di Mekkah adalah Ruang Manuskrip, yang berisi berbagai naskah dan manuskrip yang berkaitan dengan kedua masjid tersebut, termasuk di dalamnya adalah naskah mushaf Alquran yang ditulis pada jaman Khalifah Utsman bin Affan, dan ada juga ayat-ayat Al-Quran yang dipahat di bebatuan warna biru dan hijau.

umroh afi prima -sumur zam zam  museum al haramain di mekkah - umroh dan haji info

umroh afi prima – sumur zam zam museum al haramain di mekkah – umroh dan haji info

Berikutnya adalah Ruang Foto yang berisikan foto-foto langka berkaitan tentang kedua masjid tersebut. Kemudian Ruang Sumur Zamzam yang berisi model sumur Zamzam jaman dulu lengkap dengan tali, kerekan dan embernya. Sumur itu terbuat dari besi yang kokoh. Display menggambarkan lokasi sumur air Zamzam di dekat Kabah, dan penyajian air zamzam dari masa ke masa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.