Masjid Jin di Mekah

UMROH AFI PRIMA, Amanah Fadzila. Masjid Jin di Mekah adalah masjid kuno yang awalnya dibangun pada zaman Rasulullah S.A.W., lokasinya terletak di sebelah kiri jalan antara Masjidil Harom ke pekuburan Ma’la di samping jembatan penyeberangan.

masjid jin di dekat ma'la mekah

masjid jin di dekat ma’la mekah

Masjid Jin di Mekah, banyak dikunjungi oleh jamaah umroh dan haji, baik yang dari Indonesia, asia dan manca negara.
Penamaan masjid tersebut dengan Masjid Jin di Mekah terkait erat dengan suatu peristiwa yang sangat langka dan penting yang berkaitan dengan bangsa jin dan dakwah Islam, sebagaimana tersirat dalam Al Qur’an Surat Al Jin.

Menurut riwayat, pernah suatu kali Rasulullah bersama para sahabat menjalankan salat subuh di masjid itu. Dalam salat, Rasulullah membaca beberapa ayat Alquran. Bacaan Rasulullah terdengar oleh serombongan jin yang sedang dalam perjalanan menuju Tihamah. Mereka kemudian berdialog dengan Rasulullah usai salat subuh. Saat itulah, Allah menurunkan wahyu berupa surat Al Jin.

Dalam suatu riwayat yang dimuat Imam Bukhari dan Imam Tirmidzi yang berasal dari Ibnu Abbas, disebutkan bahwa peristiwa pertemuan antara Rasulullah SAW dan serombongan jin itu terjadi ketika Rasulullah SAW dan serombongan sahabat sedang dalam perjalanan menuju pasar Ukkadz.

Nama lain dari Masjid Jin di Mekah adalah Masjid al-Hars, penamaannya karena pada zaman Rasul, pemilik al-Hars yang melakukan patroli malam di Mekah, sering mendatangi tempat ini dan melakukan pertemuan dengan para arif, sosok-sosok terkenal dan orang-orang pilihan suku Sya’b Amir dan Taniyah al-Madinain.

Masjid Jin di Mekah ini juga disebut dengan nama Masjid al-Bai’ah dikarenakan baiat yang dilakukan oleh jin-jin ini dengan Rasulullah Saw. Masjid Jin di Mekah berukuran sedang dan tidak dapat menampung banyak jamaah. Kesan angker pun sama sekali tidak ditemukan dari bangunan itu.

Hingga kini, Masjid Jin di Mekah tetap berfungsi seperti umumnya masjid. Masyarakat Makkah pun menggunakan masjid itu lazimnya seperti masjid tempat shalat biasa. Setiap waktu shalat fardu selalu ada yang shalat berjamaah di masjid Jin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.