Masjid Ji-ronah

Masjid Ji-ronah

UMROH AFI PRIMA, Amanah Fadzila. Masjid Ji-ronah disebut juga Ju’ranah atau Ja’ronah terletak sekitar 22 KM dari Masjidil Harom di timur laut kota Mekkah, searah dengan jalan yang menuju propinsi Thaif dan pada sekitar kilometer 14 belok ke kiri dari perkampung Mujahidin, di wadi Saraf (lembah Saraf) yang di kelilingi jajaran bukit-bukit berbatu yang tandus, yang menjadi perkampungan arab baduwi sejak zaman dahulu.

umroh afi prima -  Masdjid al Ji-ronah Mekkah -umroh dan haji info
umroh afi prima – Masdjid al Ji-ronah Mekkah -umroh dan haji info

Seperti halnya Masjid Siti Aisyah di Tan-im, Masjid Ji-ronah juga menjadi miqat makani bagi penduduk dan jamaah umroh dan haji yang sedang bermukim di Mekkah. Menurut riwayat Ibnu Abbas bahwa Rasulallah saw melakukan umroh sebanyak 4 kali selama hidupnya, umroh yang ketiga dilakukanya dari Ji’ranah sepulangnya dari perang Hunain. Tempat Rasulallah saw melakukan umrah dari Ji’ranah saat ini berdiri Masjid Ji-ronah. Nama Masjid Ji-ronah diambil dari nama seorang wanita penjaga masjid yang setia, yaitu Ja’ronah.

Di dalam komplek Masjid Ji-ronah terdapat Sumur Byair Thoflah yang airnya dikenal memiliki rasa khas. Menurut riwayatnya sumur ini dahulunya terdapat salah satu mukjizat Rasulullah SAW saat kehabisan air usai perang Hunain, persediaan air habis dan tidak ada sumur, kemudian Rasulallah saw memukulkan tongkatnya ke tanah dan keluarlah air yang dipercaya oleh sebagian jamaah umroh dan haji dapat menyembuhkan penyakit dan tidak pernah kering. Untuk mendapatkan air sumur Byair Thoflah ini, jamaah umroh dan haji harus sabar dan mengantri dengan tertib tidak boleh berebut.

Jamaah umroh dan haji yang akan menuju Masjid Ji-ronah dapat menggunakan jasa taxi, transportasi umum bis, atau minibus dengan ongkos sekitar 10 real dari hotel maktab ke Masjid Ji-ronah dan terus dilanjutkan ke Masjidil Harom setelah berihram. Sebagaimana Masjid Siti Aisyah di Tan-im, Masjid Ji-ronah juga dibuka selama 24 jam setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.