Makam Nabi Muhammad SAW

Makam Nabi Muhammad SAW

UMROH AFI PRIMA, Amanah Fadzila. Rasulullah S.A.W wafat pada usia 63 tahun dan dimakamkan di tempat meninggalnya, yakni di tempat yang dahulunya adalah kamar Ummul Mukminin Aisyah ra., isteri Nabi. Makam Nabi Muhammad SAW berada di dalam masjid di bawah kubah hijau, yakni di sudut tenggara (kiri depan) masjid Nabawi. Makam Nabi ditandai dengan pintu berlapis keemasan dan warna karpet putih kehijauan berbeda dengan warna karpet lainnya di dalam masjid. Dalam ruangan tersebut terdapat 3 makam yaitu makam Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam, Abu Bakar As Siddiq, dan Umar ibnul Khattab.

umroh afi prima - makam nabi muhammad saw -umroh dan haji info
umroh afi prima – makam nabi muhammad saw -umroh dan haji info

Tepat di antara Makam Nabi Muhammad SAW dan mimbar Rasulullah adalah Taman Sorga Raudhah yang luasnya kurang lebih 144 meter persegi, ditandai dengan tiang pilar berwarna putih dengan kaligrafi yang khas, karpet / ambal berwarna putih hijau dengan ornamen khas. Dalam ruangan makam Makam Nabi Muhammad SAW dan Taman Sorga Raudhah, biasanya penuh sesak dengan jamaah umroh dan haji untuk berdo’a memohon kepada Allah SWT dan berdzikir.

Dahulu Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam membangun Masjid Nabawi pada bulan Raibul Awal di awal-awal hijarahnya dari Mekkah ke Madinah. Pada saat itu panjang masjid adalah 70 hasta (sekitar 35 m) dan lebarnya 60 hasta (sekitar 30 m) diatas tanah yang dimiliki oleh Bani Najjar yang dengan suka rela mewakafkan bangunan dan tanah mereka untuk pembangunan Masjid Nabawi.

Rumah atau bilik Nabi Muhammad saat itu disamping Masjid Nabawi berupa kamar berdindingkan pelepah kurma, bersama ibunda Aisyah radhiallahu ‘anha. Nabi Muhammad dimakamkan di sini, karena beliau wafat di kamar Aisyah, kemudian Abu Bakar radhiallahu ‘anhu dimakamkan pula di sebelahnya pada tahun 13 H, lalu Umar bin Khattab pada tahun 24 H.

Makam Nabi Muhammad SAW tidaklah sama dengan makam-makam lainnya yang ada di dunia. Makamnya ditutup dan dibatasi oleh pagar yang tinggi serta berhiaskan kaligrafi-kaligrafi, dijaga oleh beberapa penjaga untuk mengatur para jamaah umroh dan haji yang ingin berziarah agar berjalan dengan tertib dan nyaman. Saat ini Makam Nabi Muhammad SAW bisa didatangi setiap harinya selama 24 jam.

2 thoughts on “Makam Nabi Muhammad SAW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.