Madinah Al Munawwarah

Madinah Al Munawwarah

UMROH AFI PRIMA, Amanah Fadzila. Kota Madinah Al Munawwarah merupakan salah satu kota tertua di jazirah arab. Dahulu pada zaman Rasulullah lebih dikenal dengan sebutan Kota Yasrib, karena menurut sejarah yang pertama kali mendirikan kota tersebut adalah lelaki bernama Yasrib, salah seorang dari keturunan Nabi Nuh Alaihissalam yang memimpin sebuah kabilah bernama ‘Abiil.

umroh afi prima - madinah al munawwarah - umroh dan haji info
umroh afi prima – madinah al munawwarah – umroh dan haji info

Kota Yasrib yang saat ini dikenal dengan nama Madinah Al Munawwarah, sebelumnya merupakan tempat singgah sebagai pusat perdagangan berbagai kafilah dari negeri Syam, Yaman, dan beberapa negeri lain, penduduknya hidup dalam ketentraman, jauh dari kejadian-kejadian besar dan peperangan sengit antar kerajaan-kerajaan besar, kota tersebut tunduk kepada pemerintahan yang berkuasa di wilayah Hijaz.

Ketika Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah, kaum Ansar mengelu-elukan beliau serta berebut menawarkan rumah untuk beliau beristirahat. Hijrah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam merupakan awal sejarah keemasan bagi perkembangan Kota Yasrib negeri yang mulia ini, dan selanjutnya diganti namanya menjadi Madinah Al Munawwarah sebagai pusat perkembangan Islam sampai Rasulullah wafat dan dimakamkan (baca juga Makam Nabi Muhammad SAW)

kota Madinah Al Munawwarah secara geografis adalah tanah datar dikelilingi gunung dan bukit bukit serta beriklim gurun. Suhu tertinggi berkisar antara 30 °C sampai 45 °C pada waktu musim panas, dan suhu rata-rata berkisar antara 10 °C sampai 25 °C, tanahnya subur, pertanian dan perkebunan terlebih perkebunan kurma yang sudah dikenal sejak masa lampau, peternakan selayaknya penduduk Arab serta perdagangan ditambah dengan sektor jasa terutama jasa pelayanan para peziarah jamaah umroh dan haji di antaranya adalah usaha perhotelan dan penginapan.

Pada masa Nabi Muhammad SAW, penduduk kota Madinah Al Munawwarah adalah orang yang beragama Islam dan orang Yahudi yang dilindungi keberadaannya. Namun karena pengkhianatan yang dilakukan terhadap penduduk Madinah ketika perang Ahzab, maka kaum Yahudi diusir ke luar Madinah Al Munawwarah

Selanjutnya kota Madinah Al Munawwarah menjadi pusat kekhalifahan sebagai penerus Nabi Muhammad. Terdapat tiga khalifah yang memerintah dari kota Madinah Al Munawwarah, yakni Abu Bakar, Umar bin Khattab, dan Utsman bin Affan. Pada masa Ali bin Abi Thalib pemerintahan dipindahkan ke Kufah di Irak karena terjadi gejolak politik akibat terbunuhnya khalifah Utsman oleh kaum pemberontak

Pemindahan pusat pemerintahan menyebabkan kota Madinah Al Munawwarah terbebas dari beban politik, para penduduknya fokus pada rutinitas harian, dan kajian-kajian keilmuan di Masjid Nabawi dan menjadi pusat pendidikan Islam sampai sekarang. Saat ini di kota Madinah Al Munawwarah terdapat berbagai Jami’ah (Universitas) dan perguruan perguruan tinggi Islam lainnya.

kota Madinah Al Munawwarah pada zaman Rasulullah sampai khalifah Ustman, juga menjadi pusat strategi penyebaran Islam ke seluruh dunia. Beberapa perang antara kaum muslim melawan kaum kafir juga pernah terjadi disekitar kota Madinah Al Munawwarah, antara lain perang badar, perang uhud dan perang khandaq.

Sejak zaman Rasululullah kota Madinah Al Munawwarah telah menjadi kota suci kedua yang paling utama untuk dikunjungi umat Islam setelah Mekah. Di kota Madinah Al Munawwarah terletak percetakan mushaf al Qur’an terbesar seluruh dunia, Masjid Qubah masjid pertama yang dibangun dalam peradaban Islam, kemudian Masjid Nabawi yang didirikan tahun 622 M atau tahun pertama hijriah yang di dalamnya terdapat Taman Sorga Raudhah dan makam Nabi Muhammad SAW

Kota Madinah Al Munawwarah terletak di pantai barat, di pesisir Laut Merah disebut juga Madinat Rasul Allah, Madīnah an-Nabī adalah kota utama di Arab Saudi yang ramai diziarahi atau dikunjungi oleh ummat Muslim dari seluruh penjuru dunia sebagaimana kota Mekkah. Jamaah haji pada umumnya tinggal di Kota Madinah Al Munawwarah selama delapan hari, untuk melaksanakan sholat arba’in 40 sholat fardu berjamaah berturut turut di Masjid Nabawi. Sedang jamaah umroh tinggal di Kota Madinah Al Munawwarah selama beberapa hari, tergantung pada paket umrohnya.

Kota Madinah Al Munawwarah memiliki sejumlah keutamaan, antara lain :

  1. Tempat yang diprioritaskan penyebutan namanya dalam Al-qur’an.
  2. Yang menjadikan Madinah sebagai tanah haram (suci) adalah Allah SWT.
  3. Pengharaman pemburuan dan buruan di Madinah.
  4. Larangan memotong pohon-pohon, mencabutnya dan memungut barang yang tercecer.
  5. Pengharaman mengangkat senjata dan berperang di dalamnya.
  6. Allah SWT memilih Madinah sebagai tempat hijrah Rasulullah SAW
  7. Allah SWT memilih Madinah sebagai tempat disemayamkannya jasad Rasulullah SAW
  8. Orang-orang kafir tidak boleh memasuki Madinah
  9. Beribadah di Masjid Nabawi dilipatgandakan pahalanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.