Kebun Kurma di Madinah

UMROH AFI PRIMA, Amanah Fadzila. Kebun Kurma di Madinah yang paling rimbun berada di sekeliling Masjid Quba, kira-kira berjarak 5 km di sebelah tenggara Masjid Nabawi. Sedikitnya ada 37 jenis kurma yang dihasilkan dari Kebun Kurma di Madinah. Pohon-pohon kurma memiliki usia yang beragam mulai dari 35 tahun hingga 90 tahun. Beberapa pohon kurma ditempeli nama kurma, usia, dan produksi berat kurma yang dihasilkan.

umroh afi prima - kebun kurma di madinah - umroh dan haji info

umroh afi prima – kebun kurma di madinah – umroh dan haji info


Kurma Azwa merupakan jenis kurma yang paling mahal, warnanya hitam dagingnya tebal rasanya manis,n di Madinah dijual fresh dari kebun dengan harga rata-rata SAR 70 per kg, sedang dipasar dijual dengan harga bervariasi tergantung mutunya, mulai SAR 40 sampai SAR 100 per kg. Sedangkan korma yang lainnya harganya hanya berkisar SAR 10 sampai 30 per kg.

Diriwayatkan ketika Rasulullah SAW memerintahkan para sahabatnya untuk segera berangkat ke Tabuk berperang menghadapi kaum kafir, mereka menngikutinya, kecuali orang tua, para wanita dan anak-anak. selain itu ada juga orang-orang munafik yang tidak mau berangkat ke Tabuk.

Orang-orang munafik mulai menyebarkan desas-desus dan menghasut para sahabat dan para istri mereka agar tidak meninggalkan kebun kurma dengan mengatakan bahwa panen kurma madinah hampir tiba dan masa itu musim panas yang terik sedang melanda, sementara perbekalan dan persenjataan yang dimiliki sangat minim.

Namun para sahabat Rasulullah SAW yang setia tetap banyak yang berangkat ke Tabuk. Berkat pertolongan Allah SWT mereka kembali dari peperangan dalam waktu yang sangat singkat. Allah SWT menjaga kebun-kebun kurma dan keluarga mereka. Tidak satupun buah kurma yang telah masak itu jatuh dari tangkainya, panen mereka berlipat ganda hasilnya dan walaupun demikian harga kurma Madinah saat itu mencapai harga tertinggi sehingga para sahabat tidak mendapatkan kerugian sedikitpun.

Jamaah umroh dan haji setelah ziarah ke Masjid Quba, biasanya terus menyempatkan ke Kebun Kurma di Madinah yang berada di dekat Masjid Quba. Dengan menggunakan bus yang disediakan, menyusuri Kebun Kurma di Madinah dan beristirahat di salah satu mini market yang menjual berbagai jenis kurma dan produk olahan kurma.

Seringkali Jamaah umroh dan haji disana disuguhi kopi arab yang dicampur dengan rempah rempah kapulaga, kadang disuguhi segelas minuman teh khas Arab Saudi yang rasanya nikmat dan aromanya harum. Di mini market ini Jamaah umroh dan haji dapat mencoba mencicipi seluruh jenis kurma secara gratis setelah mendapat persetujuan ungkapan HALAL dari penjualnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.