Jabal Magnet

Jabal Magnet

UMROH AFI PRIMA, Amanah Fadzila. Jabal Magnet (Magnetic Hill) atau Gunung Magnet di Madinah, Arab Saudi, sekitar 30 km di utara Madinah merupakan kawasan wisata penduduk Madinah maupun jamaah umrah dan haji awalnya ditemukan oleh orang suku Baduy yang semakin lama semakin populer dikalangan jamaah umroh dan haji, terutama yang berasal dari asia.

umroh afi prima -  jabal magnet di madinah - umroh dan haji info
umroh afi prima – jabal magnet di madinah – umroh dan haji info

Mendekati Jabal Magnet yang berupa bukit bebatuan, jamaah umroh dan haji dapat melihat di kiri jalan raya terdapat danau buatan yang cukup luas. Kawasan ini memang didisain sebagai tempat wisata oleh pemerintahan di sana, yang umumnya hanya dikunjungi oleh penduduk Madinah pada malam hari ketika libur. Ada tenda-tenda untuk pengunjung, ada mobil mini yang bisa disewa untuk merasakan tarikan medan magnet itu.

Kawasan jalan raya yang terpengaruh oleh daya Jabal Magnet ini sepanjang kira-kira 4 km. Kendaraan yang datang dari arah Madinah ketika memasuki kawasan Jabal Magnet jamaah umroh dan haji dapat merasakan kecepatan kendaraannya melambat dengan sendirinya meskipun gas ditekan sekuat-kuatnya, meskipon jalan justru menurun sampai pada bundaran sebagai tanda berakhirnya kawasan magnet.

Sebaliknya ketika kendaraan kembali menuju Madinah, kendaraan dapat melaju 120 km/jam tanpa di gas, padahal jalanan mendaki. Pengemudi hanya mengatur kemudi agar kendaraan berjalan pada arah yang benar. Kendaraan akan semakin melambat bila sudah mencapai akhir kawasan magnet. Kadang supir pemandu wisata disana suka membuktikan fenomena Jabal Magnet ke jamaah umroh dan haji, dengan mematikan mesin mobil, posisi gigi dalam keadaan netral dan ajaibnya mobil bisa berjalan menanjak sendiri.

Kadang Sopir yang sabar menghentikan kendaraan dan memberi kesempatan kepada rombongan jamaah umroh dan haji turun ke jalan raya untuk membuktikan fenomena Jabal Magnet dengan menyiramkan sedikit air minuman di aspal jalan kemudian terlihat bahwa air tersebut bergerak dan mengalir ke arah yang lebih tinggi karena adanya pengaruh magnet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.