Iftar Buka Puasa di Mekah dan Madinah

UMROH AFI PRIMA, Amanah Fadzila. Iftar atau Berbuka puasa bersama adalah salah satu kegiatan dalam berpuasa selain bersahur. Jamaah umroh dan haji yang berada di tanah suci pada bulan romadhon di Mekah dan Madinah, umumnya lebih senang Iftar berbuka puasa Di Masjid Nawabi Madinah maupun di masjidil Harom Mekah.

umroh afi prima - iftar buka puasa di madinah dan mekah - informasi umroh dan haji

umroh afi prima – iftar buka puasa di madinah dan mekah – informasi umroh dan haji


Para jamaah yang sudah bersiap untuk berbuka puasa datang ke Masjid Nawabi Madinah bagi yang sedang berada di Madinah, dan ke masjidil Harom bagi yang sedang berada di Mekah. Disana Jamaah duduk berhadapan, sementara menu Iftar Buka Puasa di Mekah dan Madinah, disajikan dihadapan mereka, diatas lembaran plastik yang digelar memanjang. Secangkir Gahwa (Kopi dalam bahasa arab) dan sejumlah kurma, serta makanan kecil lainnya.

Iftar Buka Puasa di Mekah dan Madinah di Masjid Nawabi Madinah Madinah maupun di masjidil Harom Mekah, sangat spetakuler dan mestinya masuk dalam guiness book of record, karena diikuti oleh jutaan jamaah, dengan panjang gelaran makanan iftar lebih dari sepuluh kilo meter.

Sebelum waktu Iftar Buka Puasa di Mekah dan Madinah, jamaah dapat memperbanyak ibadah dengan membaca al Qur’an, berdo’a, dan berdzikir, Suasana Masjidil Harom dan Masjid Nabawi kondisinya sangat kondusif, tidak ada perdebatan walaupun berbeda mazhab, sangat menentramkan bagi jamaah.

Puluhan juta paket menu Iftar Buka Puasa di Mekah dan Madinah yang dibagikan kepada jamaah, sepanjang bulan romadhon. Pemerintah kerajaan Arab Saudi sendiri pada bulan romadhon menyediakan iftar buka puasa yang cukup banyak hingga ratusan ribu kotak iftar yang berisikan satu botol air zamzam, satu kotak kurma, roti tawar, jus buah yogurt, dan lain lain.

Selain itu para orang kaya Arab Saudi juga berlomba lomba menyediakan Iftar Buka Puasa di Mekah dan Madinah. Pihak berwenang membagi areal masjid dalam beberapa bagian, untuk memudahkan para dermawan membagikan makanan bagi para jamaah yang akan berbuka puasa.

Acara Iftar Buka Puasa di Mekah dan Madinah, baik di masijid Nabawi dan masjidil Harom, digelar sekitar 15 menit, selanjutnya petugas kebersihan sudah mengangkat semua tikar-tikar dan membersihkan sisa-sisa makanan, agar tempat tersebut siap dipergunakan untuk shalat Maghrib.

Dahulu Iftar Buka Puasa di Mekah dan Madinah ditandai dengan suara meriam yang cukup keras. Meriam ini sendiri hanya akan dibunyikan selama bulan Ramadan saja. Letak meriam di Jabal Nuqum atau yang juga dikenal sebagai Jabal Al Midfa (Mount of Cannon).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.