Dates Market Pasar Kurma di Madinah

UMROH AFI PRIMA, Amanah Fadzila.. Dates Market Pasar Kurma di Madinah dibangun tahun 1982 oleh Pemerintah Arab Saudi di pusat kota Madinah, sekitar setengah kilometer arah selatan dari Masjid Nabawi, tepatnya di kawasan Qurban. Pasar ini buka mulai pukul 07.00 hingga 22.00 waktu setempat. Karena letaknya dekat dengan masjid Nabawi banyak jamaah umroh dan haji yang menyempatkan waktu beli kurma di Dates Market Pasar Kurma di Madinah.

umroh afi prima - pasar kurma dekat masdjid nabawi madinah - umroh dan haji info

umroh afi prima – pasar kurma dekat masdjid nabawi madinah – umroh dan haji info

umroh afi prima -  pasar kurma dekat masdjid nabawi madinah - umroh dan haji info

umroh afi prima – pasar kurma dekat masdjid nabawi madinah – umroh dan haji info

di Dates Market Pasar Kurma di Madinah puluhan jenis kurma yang masih asli (buah) maupun sudah diolah dan berbagai jenis kacang ditawarkan oleh pedagang, mulai dari kurma nabi atau yang dikenal dengan ‎kurma azwa yang dijual mulai 50 riyal sampai 100 riyal saudi per kilogram, kurma lembut syukari dijual mulai 20 riyal per box, tergantung mutu dan kondisi kurma yang tidak sama, kadangkala kurma yang telah lama tersimpan buahnya bagian dalam mengering.

Ada juga kurma yang telah dipaking dalam kardus kecil, toples dan plastik kecil. Selain buah kurma, biskuit-biskuit yang terbuat dari bahan dasar kurma juga tersedia di sini, banyak pilihan dari cokelat isi kurma, kurma isi kacang, kismis, biskuit selain kurma dan kue keringnya. Selain itu juga ada yang menjual kurma muda yang dijual dengan harga 10-15 riyal, dan bubuk kurma. Kurma muda dan bubuk kurma konon dipercaya berkhasiat supaya cepat hamil dan membantu proses kehamilan, .

Rasululullah bersabda : “Barang siapa di waktu pagi makan tujuh butir kurma Ajwa, pada hari itu ia tidak akan kena racun maupun sihir.“ (Shahih Bukhari). Kurma azwa yang mutunya Mumtaz (premium) dijual dengan harga sedikitnya 100 riyal perkilogram. Kurma azwa yang baik memiliki ciri ciri berwarna hitam, banyak guratan di permukaan buahnya, dagingnya tebal, rasanya manis tidak neg, rasanya lembut, dan enak. Biasanya jika jamaah umroh dan hajiakan mencicipi, penjual akan mengatakan `haram` untuk jenis kurma tersebut kecuali kita memang ingin benar-benar membelinya.

Kejelian memilih aneka jajanan kurma dan kemahiran menawar harga menjadi kunci utama bertransaksi di Dates Market Pasar Kurma di Madinah. Kadang harga yang ditawarkan dua kali lipat dari harga sebenarnya. Jika penjual tidak mengerti bahasa Indonesia sedang pembeli tidak bisa bahasa arab, maka komunikasi satu satunya lewat bahasa isyarat (pakai kalkulator atau jari tangan untuk menunjukkan harga). Ada bahasa umum arab yang bisa kita mengerti seperti “La” artiya tidak boleh, kalau penjual bilang “akhir kalam”= harga pas, dan “halal” berarti harga jadi/dibolehkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.